Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 5 Cara Mudah dan Murah Menuju Karimunjawa

 

Petawisata.id - Karimunjawa memiliki keindahan pesona alam yang luar biasa. Pantai yang indah dan kehidupan laut yang indah adalah daya tarik utama pulau ini. Menariknya, pergi ke Karimunjawa tidak membutuhkan budget yang mahal. Ada beberapa cara untuk sampai ke Karimunjawa tergantung pada gimana pilihan perjalanan Anda. Jika Anda malas dan ingin fokus menikmati liburan, Anda bisa menggunakan jasa travel agent yang akan mengatur perjalanan dari kota Anda ke Karimunjawa. Namun jika ingin menghemat anggaran perjalanan, Anda bisa menerapkan gaya perjalanan backpacking. Nah berikut ini petawisata akan mencoba memberikan panduan cara berhemat di Karimunjawa untuk para backpacker yang bisa anda coba.

Inilah 5 Cara Mudah dan Murah Menuju Karimunjawa

1. Menggunakan Kereta atau Bus

Untuk menuju Karimunjawa anda bisa mencari kendaraan yang akan mengantar anda ke Semarang terlebih dahulu. Dari lokasi Anda, cari kendaraan ke Semarang. Jika tujuan Anda adalah untuk menghemat uang, maka jelas kereta atau bus murah merpakan pilihan yang paling cerdas. Jika menggunakan kereta api, dari stasiun cari kendaraan menuju Terminal Terboyo, Semarang. Namun jika Anda menggunakan bus, pastikan bus yang Anda tumpangi turun di terminal Terboyo. Bagi anda yang datang dari Jakarta bisa menggunakan cara diatas, namun anda juga bisa mencari bus yang langsung turun di terminal Jepara.

2. Naik mini bus ke Jepara

Jika turun di terminal Terboyo, carilah mini bus tujuan Jepara. Minibus dari terminal Terboyo ke Jepara tersedia sekitar pukul 03:00 WIB hingga 05:00 WIB. Waktu tempuh dengan bus dari Semarang ke Jepara kurang lebih dua jam. Nanti, minta sopir bus untuk menurunkan Anda di tempat yang paling dekat dengan pelabuhan Kartini. Biaya bus bervariasi antara Rp 15.000 dan Rp 20.000.

3. Penyeberangan ke Karimunjawa

Dari pelabuhan Kartini ada dua perahu yang akan menyebrang ke Karimunjawa. Yakni, kapal feri dan speedboat. Jika ingin menghemat biaya perjalanan, Kapal Siginjai adalah pilihan yang tepat. Perjalanan dengan feri ini sendiri menghabiskan biaya sekitar Rs 72.000 dengan lama perjalanan berkisar 4-5 jam. Namun kapal ini hanya memiliki waktu tertentu yaitu Senin, Rabu, Jumat dan Sabtu. Sebelum merencanakan perjalanan ke Karimunjawa, ada baiknya untuk memastikan waktu keberangkatan kapal terlebih dahulu.

4. Sewa sepeda motor

Banyak warga Karimunjawa yang berprofesi sebagai pemandu wisata yang bisa mengantar wisatawan menjelajahi Karimunjawa. Harga yang ditawarkan cukup bersaing. Jika sebelumnya Anda pernah ke Karimunjawa, sudah berusaha menekan biaya perjalanan dengan cara-cara di atas, menggunakan jasa pemandu wisata sesampainya di Karimunjawa tentu tidak menjamin pengeluaran Anda membengkak. Bahkan, Anda bisa memanfaatkan liburan dengan sebaik-baiknya karena perjalanan Anda sudah diatur. Namun jika Anda masih ingin menjelajah tanpa menggunakan pemandu wisata sesampainya di Karimunjawa, Anda bisa menjelajahi pulau ini dengan menyewa sepeda motor. Harga sewa motor di Karimunjawa berkisar 75.000 rupiah. 

5. Menginap di rumah penduduk

Jika Anda menggunakan pemandu wisata, masalah akomodasi, termasuk pilihan untuk wisata laut, biasanya sesuai dengan anggaran Anda. Namun jika memang berniat datang sendiri, Anda bisa mencari penginapan selama di Karimunjawa dengan bertanya kepada warga sekitar. Rumah banyak orang dijadikan sebagai rumah keluarga dengan harga yang cenderung murah. Ada juga penginapan yang harga kamar per malamnya di bawah Rp100.000. Jadi, masih berpikir ke Karimunjawa itu mahal?

Posting Komentar untuk "Inilah 5 Cara Mudah dan Murah Menuju Karimunjawa"